A.Ketrampilan
berbicara
Berbicara
adalah ketrampilan berbahasa ragam lisan yang bersifat produktif. Ketrampilan
berbicara dan ketrampilan menyimak berhubungan sangat kuat, ketika seseorang
menjadi pembicara dia haus mengasosiasikan makna mengatur interaksi ; siapa
harus mengatakan apa, kepada siapa, kapan, dan tentang apa. Dengan pembicara
berhasil mengasosiakan apa yang dia katakan dan penyimak dapat menerima dengan
jelas, Dari itu ketrampilan berbahasa dan menyimak saling berhubungan erat.
Dalam konteks komunikasi pembicara berlaku sebagai pengirim ( sender ), sedangkan
penerima ( reciver ) adalah
penerima warta ( massage ). Dan massage merupakan objek dari komunikasi.
B.
Ragam berbicara
1.
PIDATO adalah berbicara di depan umum. Dalam berpidato ada 3 komponen
yaitu,
· a.ceramah merupakan berpidato
secara ilmiah
· b.teks pidato merupakan bahan
tertulis yang digunakan untuk berpidato/ceramah
· c.naskah pidato merupakan
teks yang dibuat sendiri oleh si pemidato
a. Manfaat teks pidao
· kita dapat menyampaikian
gagasan dengan tertib baik teratur dan lancar
· kita memiliki bukti autentik
bila sewaktu-waktu diperlukan
b. Contoh teks pidato
1. Bagian awal ( berfungsi sebagai
pengantar dan penarik perhatian )
· Assalamualaikum ( a. Ucapan
salam )
· Kepada ibu kepala sekolah
yang saya hormati dan bapak ibuk guru yang saya hormati pula serta teman-teman
yang berbahagia (b. Ucapan penghormatan terhadap hadirin )
· Puji syukur terhadap Tuhan
Yang maha Esa yang mana telah memberikan kesempatan kepada kita untuk berkumpul
ditempat yang berbarokah ini (c. Ucapan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha
Esa )
· Berdirinya saya disini saya
akan menyampaikan hal-hal penting mengenai tata tertib sekolahan yang baru (d.
Penyampaikan latar belakang masalah )
2.Bagian isi pidato
Contoh isi pidato :
Ada salah satu hal yang biasanya dirasakan sebagai
beban bagi siswa, yaitu tentang tata tertib tapi apa yang akan terjadi bila
sekolahan kita tanpa tata tertib mungkin akan seperti hutan yang begitu liar
penghuninya.
3. simpulan ( inti sari dari pidato )
Contoh:
Marilah kita semua sebagai warga sekolah menaati tata
tertib yang telah dibuat
4. penutup
Contoh:
Terimakasih atas perhatiannya kurang lebihnya saya
minta maaf , semoga isi pidato yang saya bawakan bisa menjadi manfaat bagi
kalian semua, wassalam.
c.
Syarat berpidato
· Percaya diri untuk tampil di depan umum
· Memiliki ketrampilan
berbahasa yang baik
· Menguasai bahan pidato
· Berpenampilan menarik
· Mampu membawa audiance (
peserta )
d.
Tujuan berpidato
· Menyampaikan informasi
· Memberikan pengetahuan kepada
pendengar
· Memberikan hiburan
·
2. DISKUSI adalah memberikan jawaban atas pertanyaan atau
pembicaraan serius tentang suatu masalah objektif, atau bisa juga disebut
tukar-menukar pikiran yang terjadi di dalam kelompok kecil atau besar. Diskusi
dibagi menjadi lima bentuk yaitu :
·
DISKUSI FAK proses saling menukar
pikiran dan pendapat untuk mencapai pengetahuan yang lebih tinggi, contoh :
ketika kita mendengarkan ceramah hingga usai ceramah itu lalu kita berdiskusi
apa pokok isi ceramah yang telah disampaikan. Karena diskusi fak dilakukan
diakhir maka kita harus mendengarkan bahan( bahan bisa berupa ceramah,isi
buku,makalah,dll) yang akan didiskusikan
hingga akhir tidak boleh memotong ditenggah. Manfaat dari diskusi fak sendiri
yaitu dapat membimbing para peserta kepada proses berfikir secara jelas untuk menemukan yang tepat dan
jitu.
·
DISKUSI PODIUM dalam diskusi podium ini
terliha hanya satu diantara kelompok yang menunjukkan ketrampilan berbahasa
karena, penjelasan masalah akan disampaikan oleh wakil dari berbagai kelompok.
Dalam setiap kelompok harus mempunyai
sudut pandang yang berbeda agar membuat diskusi lebih menarik untuk
didiskusikan, untuk setiap kelompok
diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kekelompok lain.
·
FORUM DISKUSI sering digunakan dalam bidang politik, contoh : dalam suatu
pemilihan presiden sebagai calon mereka mencoba memperkenalkan nama
partai,anggota partai,misi partai setelah itu para pendengar berhak mengajukan
pertanyaan.
·
DISKUSI KASUALIS pencarian jalan keluar yang terbaik dalam masalah
yang konkret. Dan dalam misi ini
dibutuhkan mediasi yang sudah ahli guna untuk menjadi pengarah dan pendamping.
·
DISKUSI PANEL diskusi yang dilakukan di depan penonton atau pendengar,
tujuan dari diskusi panel adalah memberikan pemahaman kepada pendengar atau
penonton mengenai masalah yang di diskusikan.
Bentuk diskusi panel
Keterangan :
No.1
sebagai pemimoin diskusi
No.2
dan 3 sebagai peserta diskusi
No.4
sebagai penonton/pendengar
e.Persiapan
diskusi dalam mempersiapkan dsikusi ada tiga bidang yang perlu
diperhatikan:
·
persiapan bahan yaitu sebelum diskusi kita harus
memperisiapkan bahan yang akan didiskusikan guna untuk memperlancar jalannya
diskusi.
·
Persiapan personal dalam berdiskusi peserta yang ideal 8-12,
semakin banyak peserta diskusi akan menimbulkan peserta yang pasif maka dari
itu perlunya persiapan personal pembagian tugas perindividu agar terjadi
diskusi yang benar bermanfaat dan membuat aktif semua peserta diskusi.
·
Persiapan ruang yang perlu diperhatikan dalam
ruangan adalah keindahan,fungsi,dan cara duduk peserta.
f. MENYAMPAIKAN PENGUMUMAN adalah menyampaikan informasi yang perlu
disampaikan kepada peserta. Ciri yang harus diperhatikan dalam membaca
pengumuman:
· Volume suara harus keras
· Intonasi yang tepat
· Gaya penampilan yang menarik
g.MENYAMPAIKAN ARGUMENTASI adalah salah satu
proses untuk menyampaikan pendapat , karena harus mempertahankan pendapat.
h.BERCERITA adalah mengulas cerita yang sudah
diketahui entah itu dari pengalaman atau buku. Contoh bercerita: ketika seorang
ibu membacakan dongeng kepada anaknya ketika menjelang tidur. Manfaat dari
bercerita memberikan hiburan,mengajarkan kebenaran,dan memberikan keteladanan.
MUSYAWARAH adalah yaitu membicaran sesuatu supaya mencapai kata
sepakat. Dalam musyawarah dipimpin oleh ketua musyawarah yang berfunsi sebagai
penampung usulan anggota musyawarah.
WAWANCARA adalah kegiatan menanyakan beberapa pertanyaan kepada
seorang yang sudah ahli atau mempunyai pengalaman yang konkret.
NB: RESUM DARI MODUL BAHASA INDONISIA 3 KETRAMPILAN
BERBAHASA INDONISIA
KARANGAN:
Dr.Sunarti,
M.Pd.
Deri Anggraini,M.Pd.
0 komentar:
Posting Komentar